Mual adalah reaksi dari ketidaknyamanan perut dengan sensasi ingin memuntahkan isi perut. Ini terjadi karena berbagai penyebab seperti pengaruh makanan, obat-obatan tertentu.

Setiap orang mungkin pernah mengalami gejala mual dan muntah yang tidak menyenangkan, termasuk mual akibat mabuk perjalanan atau tanda hamil. Anda dapat menggunakan cara alami mengatasi mual dan muntah berikut ini:

1. Jahe

Jahe adalah obat herbal alami yang dipercaya dapat mengatasi berbagai gejala penyakit seperti mual, muntah, pilek, dan flu biasa. Berdasarkan penelitian, senyawa alami jahe memiliki cara kerja yang serupa dengan obat antimual.

Jahe juga telah lama digunakan untuk mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan orang setelah perawatan kemoterapi atau operasi. Jahe sebagai obat mual muntah juga dianggap tidak memiliki efek samping berat dibandingkan obat medis.

Anda dapat mengolah jahe menjadi teh jahe atau susu jahe dalam dosis harian. Jahe memiliki efek menghangatkan dan menenangkan perut.

2. Lemon

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 100 wanita hamil, menghirup minya esensial lemon dan almond dapat meredakan rasa mual secara efektif. Pada akhir penelitian di hari ke-4, gejala mual berkurang hingga 9%.

Lemon atau aroma jeruk juga memiliki efek aromaterapi yang menenangkan dan dikaitkan sebagai agen aktif untuk membantu meredakan rasa mual dalam berbagai kondisi.

Baca juga : Benarkah Sabun Lebih Efektif Membunuh Virus daripada Hand Sanitizer?

3. Rempah-Rempah

Beberapa jenis rempah-rempah dipercaya sebagai pengobatan rumahan untuk mengatasi mual dan muntah, seperti:

  • Bubuk Adas (fennel): Kandungan alaminya digunakan untuk mengatasi mual, muntah, dan mengurangi gejala nyeri menstruasi.
  • Kayu Manis: Meredakan mual dan nyeri selama masa menstruasi.
  • Ekstrak Jinten: Obat alami untuk mengatasi sakit perut, nyeri, sembelit, diare, serta mual dan muntah.

Ketiga jenis rempah tersebut dipercaya sebagai obat herbal, namun penelitian lebih dalam perlu dilakukan untuk membuktikan manfaatnya secara medis.

4. Aromaterapi Peppermint

Anda juga dapat menggunakan aromaterapi peppermint sebagai alternatif obat mual muntah yang efektif. Berdasarkan penelitian, aromaterapi peppermint dapat meredakan mual sebanyak 57% kasus dan lebih efektif dari obat anti mual.

Peppermint pun diolah menjadi berbagai produk seperti pil peppermint, teh peppermint, minyak esensial peppermint, dan campuran minuman lainnya untuk manfaat kesehatan.

5. Minum Air Putih

Cara alami mengatasi mual adalah dengan minum air putih yang cukup, karena bila Anda dehidrasi akan memperburuk gejala mual dan muntah. Selain itu, Anda perlu mengganti dan tetap menyuplai cairan yang kaya akan elektrolit seperti air mineral untuk tubuh Anda.

Selain air putih, Anda juga dianjurkan untuk konsumsi kaldu sayuran atau jenis elektrolit lainnya agar kondisi tubuh tetap terjaga. Jangan lupa untuk mengatur napas dalam-dalam untuk membantu mengurangi mual.

Itulah beberapa obat mual alami yang harus diketahui, smeoga bermanfaat dan tetap terapkan kehidupan sehat di tengah banyak wabah penyakit seperti sekarang.

source : doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073