Pepaya Memiliki Manfaat Medis dan Mengandung Zat Anti Bakteri dan Anti Jamur

Banyak dari kita menyukai buah pepaya. Ada yang memakankannya langsung, atau menambahkannya ke salad, rujak, dijadikan jus pepaya dan lain-lain.

Pepaya juga memiliki manfaat medis dan mengandung zat antibakteri dan antijamur. Selain buahnya, daun pepaya juga biasa digunakan untuk melawan demam berdarah.

Dan pula sisi yang kurang baik dari buah ini. Wanita hamil, misalnya, dilarang mengonsumsi pepaya dan nanas. Dikutip dari Times of India, Berikut 7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengonsumsi Pepaya:

1. Risiko keguguran

Sebagai buah, pepaya memang punya manfaat yang baik untuk kesehatan. Tapi, biji dan akarnya bisa menyebabkan keguguran. Lebih lanjut, pepaya mentah bisa menyebabkan kontraksi uterus. Meskipun konsentrasinya tidak setinggi seperti pepaya mentah, tapi lebih baik menghindari buah ini saat kehamilan.

2. Menghambat pipa makanan

Kalau Anda yakin bahwa pepaya adalah buah yang terbaik untuk Anda, maka Anda harus tahu bahwa itu tidak berarti Anda harus banyak-banyak memakannya. Terlalu banyak makan pepaya bisa melukai esofangus Anda. Sebaiknya, jangan mengonsumsi lebih dari satu cangkir pepaya dalam satu hari.

3. Cacat lahir

Daun pepaya memiliki komponen terkenal, yaitu Papain. Senyawa ini bisa beracun bagi bayi dan bahkan menyebabkan cacat lahir. Tidak banyak diketahui mengenai keselamatannya saat menyusui, jadi lebih baik menghindari makan buah ini sebelum dan beberapa saat setelah melahirkan.

4. Reaksi alergi

Kandungan lateks dalam pepaya bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Ini, sekali lagi, adalah risiko yang terkandung di dalam pepaya mentah.

5. Menurunkan kadar gula darah

Pepaya bisa menurunkan kadar gula darah. Kalau Anda sedang mengonsumsi obat untuk mengontrol gula darah, ini bisa berbahaya.

6. Mempengaruhi kesuburan

Ekstrak biji pepaya bisa menurunkan kesuburan pria. Ekstrak biji pepaya disebut bisa menurunkan jumlah sperma dan bahkan mempengaruhi mobilitas sperma.

7. Keracunan

Pepaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tapi buah ini bisa menjadi racun jika dimakan secara berlebihan. Ini karena pepaya mengandung senyawa benzyl isothiocyanate.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073