8 Penyebab Sakit Pinggang

Penyebab Sakit Pinggang

8 Penyebab sakit pinggang, sebagian besar penyebab sakit pinggang dikarenakan faktor mekanis. Pada beberapa kasus, pinggang sakit berhubungan dengan spondilosis, yaitu gangguan fungsi tulang belakang yang secara normal terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

Beberapa contoh penyebab mekanis nyeri pinggang adalah:

Baca juga: Kebiasaan Pagi Yang Membuat Sehat dan Aktif

1. Sakit pinggang sebelah kanan karena sprain/strain

Sprain disebabkan oleh peregangan atau robeknya ligamen, sedangkan strain adalah robeknya tendon atau otot.

Keduanya dapat terjadi karena gerakan mengangkat barang dengan posisi yang tidak tepat, mengangkat barang yang terlalu berat melebihi kemampuan diri sendiri, atau karena olahraga (terutama latihan peregangan) yang berlebihan.

Gerakan-gerakan seperti itu juga dapat menyebabkan otot-otot punggung menjadi tegang, sehingga akan terasa sakit pinggang.

2. Penipisan diskus intervertebralis

Diskus intervertebralis memungkinkan gerakan tulang belakang yang lebih bebas. Bila menipis, tulang belakang kehilangan bantalan sehingga sakit pinggang bila bergerak.

3. Ruptur atau hernia diskus intervertebralis

Suatu keadaan yang disebabkan oleh penekanan, peradangan atau cedera pada serabut saraf yang keluar dari tulang belakang. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit pinggang, kebas, atau kesemutan yang menjalar ke bagian tubuh yang disarafi oleh serabut saraf ini.

4. Penyebab sakit pinggang karena Sciatica

Merupakan bentuk radikulopati yang terjadi pada serabut saraf sciatica, yaitu serabut saraf besar yang berjalan mulai dari pantat hingga kaki bagian belakang. Sciatica ini menyebabkan sakit pinggang belakang.

Pinggang belakang sakit akan memunculkan rasa nyeri seperti terbakar pada pinggang yang menjalar ke pantat dan kaki di satu sisi. Pada kasus yang lebih berat, gejala yang timbul tidak hanya nyeri, tetapi bisa juga disertai dengan rasa kebas dan kelumpuhan di salah satu kaki.

5. Pergeseran ruas tulang belakang

Suatu keadaan di mana posisi dari salah satu atau beberapa ruas tulang belakang bergeser dari posisi seharusnya (tidak sejajar dengan ruas di atasnya) sehingga menekan serabut saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang.

6. Sakit pinggang sebelah kiri akibat cedera

Misalnya pada saat olahraga, kecelakaan kendaraan bermotor, atau jatuh dari tempat yang tinggi. Cedera ini dapat mengenai hampir semua struktur yang ada di pinggang sehingga menimbulkan gejala yang bervariasi mulai dari sakit pinggang yang paling ringan sampai yang paling berat.

7. Stenosis spinalis

Stenosis spinalis adalah penyempitan saluran sumsum tulang belakang sehingga mengakibatkan penekanan serabut saraf yang ada di dalamnya.

Baca juga: Perbedaan Lemak di Darah dan di Kulit

8. Penyebab sakit pinggang lainnya

Kelainan tulang meliputi skoliosis, lordosis, dan kelainan bawaan dari lahir. Penyebab nyeri pinggang yang serius, meskipun jarang.

Di antaranya adalah: infeksi, tumor, sindrom kauda ekuina, aneurisma aorta, dan batu ginjal. Faktor lain yang dapat memicu sakit pinggang antara lain: peradangan sendi (artritis), osteoporosis, endometriosis, dan fibromialgia.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073