Penyebab Bau Kencing

Inilah Penyebab Bau Kencing Menyengat

Ketika tiba-tiba saja ada yang berbeda dari tubuh tentunya sebagian di antara kita penasaran apakah hal tersebut normal atau tanda suatu penyakit. Tidak terkecuali misal ketika kencing tiba-tiba saja berubah baunya.

Dalam kondisi normal kencing memang bisa memiliki bau yang agak pesing karena kandungan amonia di dalamnya. Namun demikian kadang bau tersebut bisa lebih mencolok karena berbagai sebab.

Berikut hal-hal yang bisa membuat kencing jadi lebih berbau :

1. Makanan menyengat
Beberapa asupan makananan dengan bau yang khas dapat membuat kencing kamu jadi lebih menyengat. Sebagai contoh asparagus atau bawang putih akan meningkatkan kandungan sulfur dalam urine sehingga baunya jadi lebih mencolok.
Makanan lain yang juga bisa mempengaruhi bau kencing misalnya seperti jengkol atau petai.
2. Dehidrasi
Kurang minum hingga dehidrasi adalah penyebab paling umum untuk bau kencing yang menyengat. Tubuh setidaknya membutuhkan dua liter air setiap hari.
Bila kamu tidak minum cukup air, kondisi tersebut bisa mengurangi kadar air dalam urine dan meningkatkan konsentrasi, warna, dan bau pada urine. Hal ini disebabkan karena kandungan amonia yang meningkat.
3. Minum kopi
Kalau kamu sering minum kopi, kencing juga bisa berubah baunya menjadi mirip seperti kopi. Ini terjadi karena selain urine berisi kandungan kopi, cairan dalam kandung kemih juga bisa lebih terkonsentrasi akibat kopi yang bersifat diuretik.
4. Obat-obatan
Kencing juga bisa jadi lebih berbau kalau kamu sedang mengonsumsi banyak obat untuk penyakit tertentu, vitamin, atau suplemen kesehatan lainnya. Obat-obatan dengan kandungan seperti sulfonamida bisa menjadi penyebab bau kuat dalam urine.
5. Infeksi saluran kemih
“Bisa saja karena infeksi saluran kemih,” papar dr Harrina E Rahardjo, SpU, PhD dari Departemen Urologi RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) beberapa waktu lalu.
Infeksi saluran kemih dapat membuat bau kencing jadi lebih mencolok namun untuk memastikannya tentu perlu pemeriksaan terlebih dahulu. Biasanya selain bau infeksi saluran kemih juga akan menimbulkan nyeri pada kelamin.

 

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073