Kebiasaan Pagi Yang Membuat Sehat dan Aktif

Kebiasaan pagi yang membuat sehat dan aktif. Setiap orang ingin punya kebiasaan baik yang membantunya sehat dan aktif sepanjang hari. Sayangnya tidak mudah menjaga komitmen melaksanakan kebiasaan positif, apalagi bila pagi hari sudah diisi dengan aktivitas padat.

Kebiasaan pagi yang berdampak baik bagi fisik dan mental sebetulnya tidak perlu banyak waktu. Berikut 7 kebiasaan rutin yang bisa dilakukan tiap hari.

Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Ginjal

1. Pemanasan

Gerakan pemanasan tiap pagi bisa berefek baik untuk postur tubuh, mengurangi sakit punggung kronis, meningkatkan aliran darah ke otak untuk memperbaiki fokus, dan memberi energi bagi tubuh. Pemanasan tepat setelah membuka mata membantu bangun tidur dan proses ‘mengumpulkan nyawa’ terjadi lebih baik.

Pemanasan bisa fokus pada otot hamstring, pinggul, betis, dan dada yang terasa paling kaku. Tiap gerakan bisa diulang 3-5 klai selama 15-30 detik. Jangan dipaksa bila ada bagian yang terasa sakit atau seperti tertarik.

2. Minum teh

Berbagai jenis teh bisa dikonsumsi supaya bisa bangun tidur dengan kondisi yang baik. Teh mengandung antioksidan Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) atau katehin. Zat ini memungkinkan teh memiliki kekuatan penyembuh atau healing power.

Antioksidan membantu melawan radikal bebas sehingga tubuh bisa menyembuhkan luka, mencegah kanker, penyakit jantung, dan penurunan fungsi saraf. Teh juga membantu tubuh mengatasi masalah pencernaan.

3. Terkena sinar matahari

Paparan sinar matahari berdampak baik untuk pengaturan irama sirkadian, terutama pada pagi hari. Sinar merangsang neurotransmitter yang meningkatkan kerja otak. Sinar matahari juga penting untuk produksi melatonin, hormon yang memungkinkan cukup istirahat.

Sinar matahari bisa diperoleh dengan jalan kaki sebentar, atau sarapan sambil menghadap jendela. Semakin cepat terkena sinar matahari dan bangun tidur, maka makin cepat seseorang bisa kembali beristirahat.

4. Kreatif

Selain lelah, kegiatan rutin tiap hari juga menurunkan kemampuan kreatif. Supaya kemampuan terjaga, disarankan membuat hal kreatif saat bangun tidur sebelum energi habis karena kegiatan harian.

Bagian prefrontal cortex paling aktif saat bangun tidur. Area ini berkaitan dengan kreativitas, berpikir luas, dan menemukan ide baru untuk menyelesaikan masalah. Untuk membuat hal kreatif bisa mencoba berbagai hal misal sekadar menyanyi, menulis, atau menggambar.

Baca juga: Perbedaan Lemak di Darah dan di Kulit

5. Makan buah

Bangun tidur menjadi saat tepat untuk makan buah yang kaya nutrisi. Seiring waktu, kesempatan mengkonsumsi makanan bernutrisi biasanya makin minim. Karena itu, peluang saat bangun tidur harus dimanfaatkan dengan baik.

Konsumsi buah menjamin kecukupan nutrisi dan antioksidan setiap hari. Buah bisa dikonsumsi hanya dengan dipotong, dibuat smoothie, atau dijadikan minuman dengan minim bahan tambahan.

6. Konsumsi asupan bernutisi lainnya

Selain buah, jangan lupa mengonsumsi asupan bernutrisi lain. Misal buah atau biji chia yang mengandung omega tiga, serat, dan berbagai mikronutrien yaitu potasium, kalsium, besi, fosfor, serta mangan. Manfaat lain adalah mengatasi masalah pencernaan, mengatur kadar gula darah. dan mencegah berbagai penyakit.

7. Konsumsi vitamin B 12

Vitamin B 12 bisa dikonsumsi dalam bentuk utuh atau suplemen. Asupan ini penting bagi sel saraf untuk melindungi diri, sehingga bisa terus berfungsi dengan baik. Vitamin B 12 juga berperan dalam mengolah asam amino dan asam lemak menjadi energi bagi tubuh.

Baca juga: Jenis Obat Yang Boleh Digerus dan Tidak

source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073