Memiliki berat badan ideal adalah dambaan setiap orang. Apa jadinya jika berat badan yang Anda miliki saat ini kurang dari indeks massa tubuh (IMT) normal? Padahal, pola dan porsi makan Anda sudah teratur. Lantas, apa penyebab berat badan susah naik meski sudah makan sudah banyak?

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT)

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda harus tahu dulu apakah berat badan (BB) sudah ideal atau belum. Salah satu cara cara mengetahui apakah tubuh memiliki berat badan yang normal adalah dengan menghitung IMT.

Cara menghitung IMT yaitu berat badan dibagi tinggi badan (dalam meter) dikuadratkan. Sebagai contoh, Bunga memiliki berat badan 49 kg dengan tinggi badan 162 cm. Maka IMT Bunga adalah 49 : (1,62²) = 18,67. IMT normal untuk orang Asia adalah 18,5 – 22,9. Dengan begitu, berat badan Bunga termasuk ideal.

Penyebab Berat Badan Susah Naik

Secara garis besar, penyebab berat badan susah naik adalah tidak seimbangnya antara asupan energi dengan tenaga yang dikeluarkan oleh tubuh. Akibatnya, tidak ada penimbunan kalori yang bisa menjadi lemak.

Berikut ini beberapa penyebab berat badan susah naik yang perlu Anda ketahui:

Baca juga: Ciri-Ciri, Gejala, Pengobatan Hingga Pencegahan Penyakit Jantung

1. Makanan yang Dikonsumsi Kurang Kalori

Banyak kasus di mana seseorang sudah banyak makan, namun tetap saja berat badan tidak mengalami kenaikan. Jangan buru-buru berasumsi kalau ada yang tidak beres dengan tubuh Anda karena bisa jadi, ini terkait dengan menu makanan yang dikonsumsi.

Kenaikan berat badan nyatanya tidak ada hubungannya dengan seberapa banyak dan sering Anda makan. Jawaban dari semua ini tak lain adalah kadar kalori yang masuk ke tubuh Anda melalui makanan-makanan tersebut. Percuma jika Anda makan makanan yang mengandung sedikit kalori seperti kripik, kue, dan gorengan.

Jika Anda memang ingin menaikkan berat badan, maka sering-seringlah mengonsumsi makanan tinggi kalori (namun tetap bernutrisi), biasanya terdapat dalam makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, seperti:

  • Nasi
  • Roti gandum
  • Oats
  • Daging
  • Telur
  • Ikan
  • Kacang-kacangan
  • Susu

2. Racun di Dalam Tubuh Belum Terdegradasi dengan Sempurna

Penyebab berat badan susah naik juga bisa jadi karena masih adanya sisa-sisa racun atau kotoran di dalam tubuh, terutama di bagian usus, yang belum terbuang sehingga menghasilkan kerak. Jika ini yang terjadi, tentu saja tubuh akan kesulitan untuk menyerap nutrisi, vitamin, dan zat gizi lainnya yang diperlukan untuk menambah massa tubuh.

Lalu, mengapa tubuh bisa kedatangan banyak racun dan kotoran tersebut?

Makanan cepat saji dan makanan kemasan ditengarai menjadi salah satu penyebab utamanya karena metode pengolahannya yang kemungkinan kurang higienis. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi atau kalau perlu hindari mengonsumsi makanan-makanan cepat saji jika ingin berat badan badan naik.

3. Gangguan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh yang sangat cepat juga menjadi faktor penyebab berat badan susah naik. Seberapa banyak dan sesering apapun Anda makan, tetap saja tubuh akan dengan cepat membakar makanan-makan tersebut untuk dijadikan energi tanpa menyisakannya sebagai lemak.

Adanya gangguan metabolisme pada tubuh ini sayangnya sering disebabkan oleh faktor keturunan (genetik). Jika Anda dan anggota keluarga lainnya memiliki postur badan yang sama-sama kurus dan kecil, maka hampir bisa dipastikan bahwa inilah penyebab mengapa berat badan susah naik kendati sudah banyak makan.

4. Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Adanya gangguan tiroid pada tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab BB susah naik. Pada dasarnya, terdapat dua jenis gangguan tiroid, yakni:

  • Hipertiroidisme

Gangguan kesehatan akibat kelenjar tiroid terlalu aktif sehingga hormon tiroksin yang diproduksi terlalu banyak. Ini kemudian memengaruhi tingkat kecepatan metabolisme tubuh dan berdampak pada penurunan berat badan.

  • Hipotiroidisme

Kondisi ketika justru kelenjar tiroid tidak dapat bekerja maksimal sehingga hormon tiroksin yang dihasilkan sangat sedikit. Akibatnya, metabolisme tubuh terganggu dan berat badan berisiko turun secara signifikan.

5. Malanutrisi

Malanutrisi adalah penyebab berat badan susah naik yang juga harus Anda waspadai. Malanutrisi atau kekurangan zat gizi bisa terjadi jika Anda tidak memerhatikan pola dan pilihan makanan dengan baik. Akibatnya, tubuh tidak dapat mencerna asupan gizi penting untuk menambah berat badan.

Selain pola makan yang tidak benar, penyebab malnutrisi juga bisa karena adanya masalah pada sistem pencernaan dan efek samping pasca operasi.

Baca juga: Makanan yang Membuat Cepat Tua

6. Stres

Tak bisa dipungkiri, kondisi mental seperti stres atau depresi juga memiliki kontribusi besar terhadap sulitnya berat badan Anda mengalami kenaikan. Ketika Anda tengah mengalami stres, tubuh secara otomatis akan merespon dan menyebabkan perubahan fungsi hormon, seperti nafsu makan dan penurunan metabolisme. Akibatnya, tubuh tidak mampu menyerap asupan gizi dengan baik.

7. Kanker

Munculnya sel kanker secara tidak langsung menyebabkan tubuh akan sulit menyerap asupan nutrisi yang diperlukan untuk menggemukkan badan. Saat sel kanker tumbuh dan menyerang jaringan di dalam tubuh, ia tidak hanya merusak jaringan tersebut, melainkan juga ‘memakannya’. Semakin cepat sel kanker menyebar, semakin banyak pula ia menghabisi zat makanan dalam tubuh.

Akibatnya, penderita kanker akan mengalami penurunan berat badan secara siginifikan dan sulit untuk mengembalikan berat badannya menjadi normal kembali. Penyebab berat badan susah naik yang satu ini mungkin yang paling menyeramkan, namun benar adanya. Pengobatan kanker adalah satu-satunya jalan untuk membunuh sel kanker sehingga tubuh dapat kembali terisi oleh zat makanan yang dibutuhkan.

8. Anoreksia

Anoreksia adalah gangguan makan yang membuat penderitanya mengalami rasa takut dan khawatir berat badannya akan bertambah. Akibatnya, penderita anoreksia ini sebisa mungkin membatasi asupan makanan, hingga mengonsumsi obat pencahar. Jika sudah begini, tentu saja tubuh akan sulit untuk mencapai berat badan ideal.

9. Olahraga Berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Berolahraga berlebihan tanpa diimbangi asupan makanan yang cukup akan tetapi justru menyebabkan berat badan Anda susah naik.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, penyebab berat badan susah naik dipengaruhi asupan nutrisi yang tidak sebanding dengan banyaknya energi yang dikeluarkan. Akibatnya, tubuh mengambil cadangan kalori yang seharusnya menjadi lemak untuk dikonversikan menjadi energi.

10. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat bisa jadi alasan utama mengapa Anda sulit sekali menaikkan berat badan. Beberapa kebiasaan yang menyebabkan berat badan susah naik di antaranya:

  • Merokok
  • Begadang
  • Mengonsumsi alkohol
  • Kurang istirahat

Jika empat kebiasaan di atas sering Anda lakukan, jangan heran kalau sampai sekarang berat badan Anda masih jauh dari kata ideal.

Cara Menaikkan Berat Badan agar Ideal

Penyebab berat badan susah naik bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup dan penyakit. Alangkah baiknya jika Anda mengkonsultasikan masalah berat badan yang kurang ini kepada dokter ahli gizi untuk mendapatkan kejelasan informasi mengenai penyebabnya. Anda juga bisa menerapkan cara menaikkan berat badan agar ideal yaitu dengan:

  • Makan makanan bergizi, terutama yang tinggi karbohidrat dan protein
  • Tambah intensitas makan berat dan makan ringan
  • Olahraga yang teratur
  • Kontrol stress
  • Selingi makan dengan minum untuk menambah asupan kalori

Sudah tahu kenapa berat badan susah naik? Selain karena faktor genetik, Anda masih memiliki kesempatan untuk menaikkan berat badan menjadi ideal. Terapkan pola hidup sehat dan rajin-rajin memeriksakan diri ke dokter untuk hasil yang maksimal dalam waktu yang tidak terlalu lama. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Manfaat, Dosis dan Efek Samping Obat Promag

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073