geriatri

Penuaan secara fisik merupakan proses alamiah yang terjadi di setiap makhluk hidup. Semakin lama seseorang hidup, organ serta fungsi tubuhnya akan mengalami degenerasi. Sindrom geriatri adalah kondisi kesehatan yang terjadi pada orang tua berusia lanjut akibat penuaan tubuh yang terjadi. Perawatan geriatri biasanya dilakukan mulai umur 65 tahun ke atas.

Sindrom geriatri menyebabkan orang tua mengalami stress akibat kerapuhan fisik yang mereka alami. Oleh karena itu, gerontologi mengambil studi biologis, sosiologis, serta psikologis dalam pembelajarannya.

Faktor utama yang dari sindrom geriatri sendiri meliputi:

  • Umur
  • Cognitive Impairment
  • Functional Impairment
  • Impaired Mobility

Ada 5 sindrom utama geriatri yakni:

1. Jatuh

Pengertian jatuh atau fall adalah kejadian tidak direncanakan yang menyebabkan seseorang beristirahat di lantai atau permukaan lebih rendah lainnya. Jatuh terdiri atas 3 tahapan yaitu:

  1. Kejadian yang menyebabkan jatuh terjadi. Terdiri dari 2 faktor yakni: 1) Faktor ekstrinsik seperti lingkungan yang membahayakan dan membuat jatuh, 2) Faktor intrinsik seperti sendi yang tidak stabil, otot melemah, atau refleks kurang baik.
  2. Kegagalan sistem untuk menjaga postur tubuh.
  3. Momen saat tubuh mengenai permukaan lingkungan, seperti lantai atau tanah.

Setiap tahunnya, 1 dari 3 berusia lanjut mengalami jatuh. Resiko jatuh juga meningkat seiring dengan pertambahan umur.

2. Buang Air Kecil Tidak Terkendali

Urinary incontinence atau buang air kecil yang tidak bisa dikendalikan adalah salah satu kondisi yang sering terjadi pada pasien geriatri. Oleh karena itu bagi mereka yang berusia lanjut memerlukan caregiver atau perawat untuk membantu pasien buang air kecil dan buang air besar.

3. Pressure Ulcers

Adalah kondisi saat kulit mengalami luka atau kerusakan karena tekanan terus menerus. Mereka yang berusia lanjut memiliki jaringan lemak di bawah kulit yang lebih sedikit, lapisan dermal yang lebih tipis, serta sensorik yang menurun. Oleh karena itu mereka lebih mudah mengalami cedera pada jaringan tisu mereka.

4. Delirium

Merupakan gangguan mental dimana seseorang mengalami kebingungan, penurunan kesadaran serta perubahan persepsi akan lingkungan sekitar. Delirium merupakan masalah serius bagi orang tua dan membutuhkan penanganan khusus. Pada beberapa kasus, delirium dapat menyebabkan kematian.

5. Status fungsional Menurun

Status fungsional seseorang ditentukan dengan kemampuannya untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kegiatan sehari-hari tersebut seperti makan, berpakaian, mandi, buang air kecil serta buang air besar yang juga menentukan kemandirian seseorang.

Masalah kesehatan seperti dementia, kanker, atau diabetes melitus dapat menjadi penyebab status fungsional tubuh seseorang menurun. Penurunan mobilitas fisik akibat usia lanjut juga menyebabkan seseorang kesulitan melakukan kegiatan sehari-harinya.

 

 

 

 

Sumber:

Gupta, Dinesh, Gursimran Kaur, Akrita Gupta. (2016). https://www.researchgate.net/publication/328772991_Geriatric_syndromes (diakses pada 5 April 2021)

W.Besdine, Richard. 2019. https://www.msdmanuals.com/professional/geriatrics/approach-to-the-geriatric-patient/introduction-to-geriatrics. (diakses pada 5 APril 2021)

CategoryArtikel
Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2021 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073