Benarkah Obesitas Bisa Picu Munculnya Migrain?

Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu hal yang saat ini semakin banyak dialami masyarakat. Bertambahnya jumlah penderita obesitas disebabkan karena berbagai hal seperti pola hidup tidak sehat, dan seringnya mengonsumsi minuman manis.

Kondisi obesitas ini disebut dapat menyebabkan berbagai masalah pada seseorang. Salah satu masalah yang bisa muncul dari kondisi obesitas ini adalah munculnya migrain. Hal apa sih sebenarnya yang menyebabkan hubungan antara obesitas dan migrain ini?

Dalam tubuh terdapat dua jaringan lemak yang saling berhubungan yaitu jaringan lemak subkutan dan jaringan lemak visceral. Jaringan lemak subkutan ini berperan dalam memproduksi hormon yang menyebabkan peradangan.

Saat tubuh kelebihan sel lemak akibat kegemukan maka hormon ini disekresikan menghasilkan rasa sakit. Rasa sakit yang dimunculkan ini ternyata serupa dengan migrain.

Dalam sebuah penelitian yang berkaitan antara kelebihan berat badan sera migrain, sekitar 81 persen orang yang kegemukan pasti akan mengalami migrain. Sebaliknya mereka yang tidak mengalami kegemukan hanya memiliki peluang persen untuk terkena migrain.

Pasien yang menderita migrain memiliki tingkat kolesterol LDL, insulin, dan glukosa yang lebih tinggi dan mirip dengan mereka yang kelebihan berat badan. Dari berbagai hal tersebut, bisa diketahui bahwa obesitas bukanlah satu-satunya penyebab migrain. Kegemukan yang dialami ini berkaitan erat dengan hormon-hormon penyebab migrain.

source: merdeka.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073