Manfaat sinar matahari pagi baik untuk kesehatan tubuh adalah hal yang terlampau sayang untuk dilewatkan. Sinar matahari pagi adalah salah satu sumber vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang, maka bersyukurlah Indonesia mempunyai iklim tropis karena kita bisa menikmati vitamin D gratis sepuasnya, bukan?

Selain itu, manfaat berjemur di pagi hari juga dapat membunuh mikroba, oleh karena itu banyak ahli kesehatan menyarankan untuk membuat rumah yang memudahkan sinar matahari pagi masuk.

Berikut ini adalah berbagai manfaat matahari pagi bagi kesehatan yang telah DokterSehat rangkum untuk Anda, di antaranya:

1. Sumber Vitamin D

Manfaat berjemur di pagi hari bisa mendapatkan vitamin D secara cuma-cuma sebanyak yang Anda inginkan. Ketika sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D.

Menerima paparan sinar matahari selama lima menit saja sama artinya dengan memberikan 400 vitamin D pada tubuh Anda. Menarik bukan?

2. Membentuk dan Memperkuat Tulang

Manfaat sinar matahari pagi bagi manusia dapat menyehatkan tulang. Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari dapat membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Sinar matahari menjadi solusi dalam pembentukan, perbaikan tulang, dan mencegah penyakit seperti rakhitis pada anak-anak dan pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteomalasia.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Menurut para ahli, vitamin D memiliki dapat mencegah diabetes. Sebuah penelitian di tahun 2006 yang dilakukan oleh University of Lund dan Malmö University Hospital, Swedia menemukan bahwa mendapatkan vitamin D sejak masih kecil sangat terkait dengan penurunan risiko Diabetes Tipe 1.

Baca juga : 13 Penyebab Kepala Kesemutan

4. Mencegah Kanker

Meskipun terlalu lama terpapar sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit, namun manfaat sinar matahari pagi dalam jumlah sedang sebenarnya dapat mencegah berbagai kanker, termasuk kanker usus besar, Limfoma Hodgkin, kanker ovarium, kanker pankreas, dan kanker prostat.

Menurut para peneliti yang dilansir Healthline, orang yang tinggal di daerah dengan jam siang lebih sedikit lebih mungkin memiliki beberapa kanker daripada orang yang tinggal di tempat yang memiliki lebih banyak sinar matahari pada siang hari.

5. Mengatasi Penyakit Kulit

Menurut World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia, paparan sinar matahari mungkin dapat membantu mengobati beberapa kondisi kulit. Dokter menyarankan berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk mengatasi beberapa kondisi kulit, termasuk psoriasis, eksim, penyakit kuning, dan jerawat.

Meskipun terapi sinar matahari tidak untuk semua orang, dokter kulit dapat menyarankan untuk perawatan penyakit kulit ringan yang membantu mempercepat penyembuhan.

6. Mengatasi Depresi

Manfaat sinar matahari pagi dapat membantu mengurangi depresi. Orang yang kurang terpapar sinar matahari, berisiko mengalami bentuk tertentu dari depresi yang disebut seasonal affective disorder (SAD) gangguan afektif musiman. Kondisi ini terutama terjadi di musim hujan.

Sebuah penelitian di tahun 2001 yang dilakukan oleh University of Milan, Italia menunjukkan bahwa manfaat matahari pagi dapat mengurangi lama rawat inap pada pasien penderita depresi bipolar. Ketika kamar rumah sakit tidak mendapatkan sinar matahari, lama rawat inap pasien meningkat dibandingkan dengan kamar yang mendapatkan sinar matahari.

7. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian di tahun 2008 di Harvard Medical School menemukan bahwa akibat kurangnya terkena sinar matahari, berisiko mengalami tekanan darah tinggi meningkat.

Selain itu, sinar matahari dapat secara langsung memengaruhi risiko penyakit kardiovaskular menurut penelitian yang sama. Tampaknya vitamin D adalah salah satu hormon yang paling kuat untuk mengatur tekanan darah.

Itulah beberapa sebagian manfaat berjemur diawah sinar matahari untuk kesehatan kita, semoga bermafaat untuk kita. Terimakasih.

Source : doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073