Tips Jaga Kesehatan Mata Walau Sering Gunakan Ponsel

Seorang pakar kesehatan menyebutkan bahwa penggunaan ponsel dengan berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan, terlebih kesehatan mata. Jika Anda tidak ingin sampai mengalami gangguan penglihatan hanya gara-gara terlalu sering memakai ponsel, Anda melakukan tips sehat berikut ini.

1. Istirahat yang cukup

Pakar kesehatan menyarankan metode 20-20-20 saat menggunakan ponsel, yakni mengistirahatkan mata dari layar ponsel atau gadget lainnya selama 20 detik setelah memakainya selama 20 menit. Kita bisa mengalihkan pandangan dari layar ponsel dan menatap benda yang berjarak 20 kaki atau lebih dari 6 meter dari posisi kita.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengistirahatkan mata adalah dengan kerap berkedip agar mata tetap lembab dan tidak mudah kering.

2. Memperbesar ukuran teks

Tak usah malu dianggap seperti orang tua karena memperbesar ukuran teks layar ponsel. Kita melakukannya agar lebih mudah membaca berbagai pesan dan membuat beban mata dalam membaca tulisan pada layar ponsel berkurang. Hal ini bisa mencegah masalah penurunan penglihatan.

3. Menyesuaikan sudut layar

Posisikan layar sejauh 4-6 inchi dari mata kita agar paparan layar ponsel ini tidak terlalu menyilaukan bagi mata kita.

4. Mengatur pencahayaan layar ponsel

Dengan mengatur pencahayaan yang baik pada layar ponsel, maka kita bisa menjaga kesehatan mata. Jangan mengatur tingkat kecerahan layar dengan berlebihan karena bisa memicu tekanan berlebihan pada mata saat menatap ponsel.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073