Mengganti gula pasir dengan gula merah bisa memberi cita rasa yang berbeda. Bahkan ada yang menganggap kalau gula merah itu lebih sehat daripada gula pasir, benarkah seperti itu? Tapi faktanya gula pasir dan gula merah itu memiliki jumlah kalori yang sama.

Ahli nutrisi Jansen Ongko mengatakan kandungan gula merah dan gula pasir tidak jauh berbeda. Sedikit perbedaan hanya pada kandungan mineral. Sementara kalau soal kalori, 100 gram gula merah dan gula pasir sama-sama mengandung sekitar 300-an kalori.

Perbedaan antara dua jenis gula ini adalah hanya di rasanya saja.

“Kenapa orang pakai gula merah? Karena rasanya. Tapi kalau perbandingan indeks glikemik, sebenarnya daya serap ke tubuh sama. So, it’s not healthier,” kata Jansen saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Senin (26/2/2018).

Pria yang juga penikmat kopi tanpa gula ini menyampaikan cita rasa khas dari gula merah itu muncul karena efek dari proses pembuatan. Sehingga ada kandungan molases yang membuat gula yang berwarna cokelat memiliki rasa berbeda dari gula putih.

“Padahal ya sama (kalorinya), yang beda rasa saja,” tambah Jansen tentang gula merah dan gula pasir.

Anggapan bahwa gula merah lebih sehat dari gula pasir menurut Jansen karena masyarakat melihat nasi merah dan nasi putih. Nasi merah dianggap sebagai nasinya orang dengan diabetes, yang kemudian dikaitkan bahwa gula merah itu juga baik.

Jansen menerangkan nasi merah dan nasi putih per 100 gram sama-sama 350-400 kalori. Namun, secara indeks glikemik memang nasi merah lebih kaya serat lebih rendah dibanding nasi putih.

“Karena serat itu yang menentukan daya serap. Tapi tidak banyak berbeda bila kamu makan nasi putih ditambahkan sayur, ya efeknya sama,” jelas Jansen. Kemiripan warna yang sama-sama merah kecokelatan membuat masyarakat beranggapan gula merah lebih sehat.

“Jadi ya itulah, kesalahpahaman bahwa gula merah itu lebih sehat, padahal ya sama saja, yang beda rasa saja,” jelas Jansen. Semua orang memiliki cara minum kopi yang berbeda-beda. Ada yang suka manis, tapi ada yang suka kopi murni.

“Pakai gula atau tidak itu kan selera ya, tapi kalau kamu enggak mau menambahkan asupan kalori, ya dibatasi gulanya,” pesan Jansen.

Dalam satu hari, pakar merekomendasikan asupan gula hanya sekitar tiga sendok makan. Setiap satu sendok gula kira-kira 15 kalori.

source: vemale

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073