Tanaman yang mudah di temukan, dan dijangkau dengan udah. Karena dapat ditemukan di pasar hingga supermarket.  Tidak kalah dengan rasanya pisang ini juga banyak manfaatnya.

Pisang terbukti menormalkan fungsi jantung jika dikonsumsi rutin setiap hari

Buah pisang justru punya manfaat baik bagi harta kamu yang paling berharga: kesehatan. Sarapan dengan sebuah pisang setiap hari akan memberi nutrisi bagi tubuh untuk mendapatkan fungsi jantung yang normal. Seperti yang sering kamu dengar, pisang mengandung mineral yang tinggi bernama potasium. Ketika sudah berada di dalam tubuh kamu, potasium langsung diserap oleh dinding usus sehingga bisa segera masuk ke pembuluh darah. Potasium lalu larut dan tersebar ke seluruh sel-sel di dalam tubuh.

Potasium punya peran penting dalam menjaga detak jantungmu, selama ratusan ribu kali per hari potasium menjadi ‘pemicu’ otot-otot di jantung. Ketika kadar potasium dalam darahmu menurun parah, detak jantung jadi gak beraturan dan bisa menyebabkan kematian. Kamu membutuhkan 4,700 mg potasium setiap harinnya dan sebiji pisang berukuran sedang-besar memberikan kamu 360 mg potasium. Yuk, rajin-rajin makan pisang biar jantungnya sehat.

Tidak hanya wortel, pisang juga baik buat kesehatan matamu

Kalau kamu malas mengonsumsi pisang maupun tomat karena rasanya, kamu gak perlu khawatir kekurangan vitamin A karena dibalik rasa yang manis, pisang juga punya kandungan vitamin A yang bagus buat mata kamu. Jika kamu belum tahu, asupan vitamin A yang cukup bakal mengurangi resiko kebutaan dan baik bagi penglihatan sehari-hari.

Vitamin A di dalam buah pisang mengandung alpha-carotene dan beta-carotene, yakni zat-zat yang bertanggung jawab menjaga membran halus yang melapisi bola mata kamu. Zat ini juga salah satu dari sekian banyak protein yang memungkinkan cahaya masuk ke kornea mata. Dan kita semua tahu bagaimana pentingnya peran mata bagi kehidupan manusia. Jika kamu masih berpikir pisang itu cuma buat monyet, coba pikir-pikir lagi.

Serat tinggi di dalam pisang bakal memberi kamu sistem pencernaan yang sehat

Lagi mengalami sulit BAB? Serat yang tinggi di dalam pisang dapat membantu menormalkan sistem pencernaan kamu. Pisang berukuran sedang mengandung 2,5 gr serat alami yang sangat mudah larut dalam tubuh. Serat ini akan meluncur ke dalam sistem pencernaan kamu, menyapu sisa pencernaan dan membantu usus mendorongnya keluar.

Selain membantu kamu poop lebih lancar, pisang sebenarnya juga bisa bertindak sebagai prebiotik. Seperti minuman prebiotik yang kamu kenal, pisang menstimulasi pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Pisang juga memproduksi enzim pencernaan yang membantu tubuh kamu menyerap nutrisi dari makan lebih sempurna.

Yang mau nurunin berat badan, kamu bisa coba ikutan banana diet!

Godaan terberat saat diet adalah sugar craving atau hasrat untuk ngemil yang manis-manis di antara jam makan. Pisang adalah jawaban yang tepat bagi pencarianmu untuk makan manisan sebelum makan siang atau sore-sore. Pisang cuma mengandung 90 kalori (seperempat sebatang cokelat) namun memiliki serat yang bisa kamu merasa kenyang. Lahap sebuah pisang 15 menit sebelum makan siang/makan malam, sehingga kamu gak berhasrat buat menghabiskan semua menu di atasa meja.

Atau kamu bisa mencoba Asa-Banana Diet yang menganjurkan kamu untuk cuma sarapan sebuah pisang tiap pagi. Jika kamu masih merasa lapar coba tahan 15-30 menit sebelum melahap sebuah pisang lagi. Lalu untuk makan siang dan makan malamnya gimana? Tenang, kamu bisa makan seperti biasa namun dianjurkan hanya makan nasi waktu lunch dan segera berhaenti makan saat kamu merasa 80% kenyang. Dan jangan tanya cemilan sorenya apa, karena kamu sudah tahu jawabanya: pisang.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073