Pasien kanker payudara bukan hanya butuh pengobatan intensif untuk melawan kanker yang terus berkembang di dalam tubuh, tapi juga butuh makanan yang baik untuk bisa mendukung pengobatan dan membantu melawan kanker.

“Makan makanan baik punya manfaat secara fisik, mental dan emosional,” ungkap dokter Erin Rossi, RD, yang menangani pasien kanker di Cleveland Clinic.

1. Jahe

Karena sifatnya yang menyembuhkan, jahe bisa dikonsumsi kapan saja untuk pasien kanker payudara, apalagi ketika mual dan nafsu makan menurun drastis. Wedang jahe bisa menurunkan mual sekaligus melawan kanker di dalam tubuh. Pasien bahkan bisa memakan jahe begitu saja atau menjadikannya jus.

2. Tomat

Bisa berbentuk apa saja, bisa saus, jus atau dimakan begitu saja. Tomat kaya vitamin C yang bisa memperkuat imun dan melawan radikal bebas sinar kemoterapi. Bahkan tomat membantu meredakan rasa tak enak di mulut selama kemoterapi.

3. Lemak dari ikan

Ikan laut lebih baik, seperti tuna, tongkol, salmon dan lainnya yang mengandung asam omega 3 tinggi. Jika tidak ada ikan laut, ikan air tawar juga boleh daripada makan lemak dari daging.

4. Daging ayam tanpa lemak

Pilih dada ayam tanpa kulit karena memberi asupan protein baik. Daging ayam membantu pemulihan setelah kemo dan memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

5. Susu

Susu dan produk olahannya juga jadi menu yang harus ada setiap hari karena susu mengandung kalsium, vitamin D dan protein yang dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang, karena kemo bisa menggerus kepadatan tulang. Pilih juga yogurt yang sekaligus menjaga bakteri baik dalam pencernaan.

6. Sayuran hijau

Pilih sawi, brokoli, kangkung, selada, buncis dan sayur lainnya yang berwarna hijau pekat karena kaya kalsium, asam folat dan zat besi yang tak hanya baik untuk tulang tapi juga asupan sel darah merah yang sehat. Secara umum, sayuran hijau juga kaya vitamin.

source: vemale.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073