Awas, 4 Kebiasaan Buruk ini Bisa Rusak Kesehatan Gigi

Tahukah Anda, tanpa disadari kita sering melakukan kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan risiko sakit gigi. Tak hanya sakit, gigi pun rentan rusak, rapuh bahkan tanggal.

Umumnya semua orang ingin memiliki gigi putih, bersih, sehat dan kuat. Sayangnya, aktivitas sehari-hari dan kebiasaan yang dilakukan belum bisa membuat gigi makin bersih dan sehat.

Berikut adalah 4 Kebiasaan Buruk ini Bisa Rusak Kesehatan Gigi:

1. Konsumsi Minuman Bersoda

Kandungan asam, gula dan karbonasi pada minuman bersoda bisa menyebabkan bakteri di mulut berkembang cepat. Jika sudah begini, kesehatan mulut dan gigi pun akan terancam. Minum minuman yang mengandung pemanis buatan dan pengawet juga bisa merusak kesehatan gigi.

2. Merokok

Rokok memang dikenal berbahaya buat kesehatan tubuh. Tak hanya merusak kesehatan paru-paru dan jantung, kebiasaan merokok juga bisa merusak kesehatan mulut dan gigi. Kandungan nikotin, tar, karbon monoksida, amonia dan lainnya di dalam rokok dipercaya bisa merusak kesehatan serta kecantikan gigi.

3. Bernafas dengan Mulut

Apakah kamu punya kebiasaan bernafas dengan mulut? Ada beberapa aktivitas yang memang memaksa kita bernafas dengan mulut. Hanya saja, pastikan untuk tidak terlalu sering bernafas dengan mulut. Pasalnya, bernafas dengan mulut bisa membuat rahang atas menjadi sempit kemudian menyebabkan gigi berjejal atau tidak beraturan. Bernafas dengan mulut juga bisa meningkatkan risiko bau mulut tidak sedap dan peradangan pada gusi.

4. Mengunyah Hanya pada Satu Sisi

Kebiasaan mengunyah hanya pada satu sisi bisa meningkatkan risiko gangguan pada sendi rahang. Ini juga bisa menyebabkan migrain dan gigi rentan rusak di satu sisi. Mengunyah hanya pada satu sisi gigi juga menyebabkan satu sisi gigi lainnya rentan berkerak.

Kebiasaan lain yang juga bisa merusak gigi antara lain adalah makan dan minum sesuatu yang terlalu dingin atau panas, konsumsi gula berlebih, konsumsi makanan asam dan menggemeretakkan gigi. Tidak memeriksakan gigi ke dokter secara rutin juga bisa merusak kesehatan dan kecantikan gigi.

source: vemale.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Delima Asih support by PT. PMI

Telepon Kami       (0267) 403 073